20 Sep 2015

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dari tahun ke tahun memberikan dampak yang luar biasa diberbagai bidang kehidupan, pesatnya pekembangan itu tentunya seiring degan berkembangnya pola pikir manusia, kecanggihan-kecanggihan yang ada tentunya lahir dari otak-otak jenius dan kreatif pula. Disiplin ilmu baru bermuculan, seiring perkemabangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Maka tidak heran jika sistem pendidikan yang terwujud dalam bentuk sekolah-sekolah yang merupakan tempat untuk memepelajari berbagai disiplin ilmu pun  berubah-ubah seiring perkemabangan zaman. Terutama di Indonesia Kurikulum yang merupakan bentuk kerangka dasar/ rancangan pendidikan, mengalami beberapa kali perubahan. Mungkin anda masih ingat dengan kurikulm KBK,  KTSP dan sekarang Kurikulum 2013.

Perubahan Kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 bukanlah tanpa alasan, pada Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif, selain itu Kurikulum 2013 di harapkan mampu mengarahkan siswa tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi di sekitarnya.  Maka  Pramuka merupakan salah satu kewajiban dalam kurikulum ini, karena dalam Pramuka siswa diajarkan menjadi pribadi yang berjiwa sosial, aktif dan kreatif.

Meskipun Kurikulum 2013 masih dianggap memiliki kekurangan namun tujuan utama dari kurikulum itulah yang harus kita dukung pencapaiannya. Berikut beberapa Perangkat Pembelajaran yang dapat dijadikan tambahan referensi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Nuna'y Blog